Saturday, July 3, 2010













Ketika orang-orang berlomba - lomba belajar bahasa asing untuk menjawab tantangan dunia kerja(katanya) maupun globalisasi aku malah tertarik belajar bahasa Indonesia. Ketertarikan untuk mempelajari bahasa Indonesia ini memang dimotivasi oleh efek rumah kaca yang dalam liriknya menggunakan lirik bahasa Indonesia yang agak berbeda dari yang lain.

Jujur saja, banyak kata dalam bahasa Indonesia yang tidak ku ketahui. Terlebih bahasa Indonesia juga harus produktif mengeluarkan kata baru seiring dengan dorongan kebutuhan atas hal tersebut. Seperti mouse komputer yang bahasa Indonesianya adalah tetikus, download=mengunduh, bluetooth aku belum tahu apa bahasa Indonesianya.

Banyaknya ketidaktahuan kata-kata inilah yang menjadi dasarku untuk sering membuka KBBI online (http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/)..
coba artikan ini..

Rima?
Derai?
Larik?
Gigir?

Mungkin lebih mudah bagi kita untuk memahami bahasa indonesia serapan dari bahasa asing seperti afeksi, interpretasi, kompensasi, intimidasi, provokasi..

Semakin ke sini, aku semakin suka berburu kata di KBBI. Karena pada akhirnya ada satu kepuasan saat aku tahu kata bahasa Indonesia yang jarang digunakan oleh orang kebanyakan. Mungkin orang tertawa ketika tahu aku hanya membuang waktu untuk mencari kata baru di kamus bahasa indonesia sementara yang lain memegang kamus inggris-indonesia, indonesia-jerman, indonesia-jepang, indonesia-prancis, atau indonesia-arab.



Ah, jangan anggap ini sebagai gerakan anti bahasa asing, hanya saja aku melihat bahasa indonesia sebagai hal seksi yang jarang tersentuh. Seperti pantai-pantai berpasir putih di Wonosari yang masih perawan dan jarang tersentuh itu...:D

Sumber Foto:http://www.seasite.niu.edu/Indonesian/new_page_5.htm

2 comments:

  1. Saya juga tertarik dengan bahasa indonesia, cuma terkadang terbentur dengan kemalasan tingkat tinggi untuk menambah perbendaharaan kata yang masih belum saya ketahui..

    Salam ^^

    ReplyDelete
  2. Hai Jeng kita..:)
    Salam^^

    hehehe.. ternyata tingkat kemalasan kita sama. aku juga,,
    padahal menarik ya..
    aku juga pengen tau lebih banyak kata2 yang tersembunyi dan jarang tersentuh :)

    ReplyDelete