Friday, May 14, 2010

ERK















Moment ini udah ku tunggu sejak tepat setahun yang lalu. Setahun yang lalu Efek Rumah Kaca (ERK) unjuk aksi di Yogyakarta(YK), apa mau di kata, organisasi menuntut kader termasuk aku untuk melaksanakan agenda organisasi secara disiplin dan aku mengorbankan luar biasanya panggung ERK setahun yang lalu. Beberapa minggu lalu, teman semagangku memberi tahu aku bahwa ERK bakal manggung di YK.. Alhamdulillah, ini yang ku tunggu. Karena temenku ini tahunya dari fb, langsung dah ku bongkar2 invitation jangan marah record tour ini. Satu benang merah penting yang ku dapat saat mengiyakan invitation maya tersebut, yakni beli tiketnya di Demangan tepatnya di sebuah distro yang menjadi sponsor lokal konser ini. Beuh, dimana pula Demangan itu.. Maklum bukan anak gaul..

Perjuangan pun di mulai.
Hari itu juga dan beberapa hari kemudian aku sibuk bergelut dengan google map. tanya sana sini, dimanakah demangan itu..Jawaban tak kunjung ada, google map pun menyajikan jawaban yang cukup absurd. Sampai pada akhirnya aku bertanya pada seorang teman yang awalnya aku gak yakin kalo dia tahu demangan. Ternyata aku salah besar, beruntungnya dia tahu tempat iti. "Belokan kiri sebelum lampu merah UIN,"tulisnya di sms. Sore harinya, aku bersama 3 temanku (sebagai peramai gak ada niat mereka sedikit pun untuk nonton ERK) nyari tiket. Aku udah pasrah, nyasar-nyasar deh.. Menuju tempat seperti yang tertera di SMS. aku mulai merasa gak enak hati... Munculla kejadian konyol. Demangan itu adalah daerah tempat karokean aku and anak sekre.. Busyet dahhhh!!( mukaku pun tampak bodoh dan geli) dan beberapa puluh meter dari tempat karokean langgananku itu, Distro itu nangkring..

"Hadohhh..heboh kali nanya demangan dimana, ternyata di shelter toh!!"ungkapku dalam hati.
Yup, akhirnya tiket pun terbeli. Aku beli dua, buatku dan andika, teman yang juga tergila gila sama ERK.

Well. hari pertunjukan pun tiba, kamis (13/5) pulak.. Habis magrib kira-kira 17.45 aku berangkat ke UGM. Hujannya luar biasa. Ah, tak apalah, ini yang ku tunggu dari setahun yang lalu, APAPUN UNTUK ERK SORE INI, ini mottoku pada hari itu. Sepanjang jalan dengan hujan yang tajam bila terkena wajah dikupingku terus teralun lagu SORE dari HP bututku. Selama perjalanan dari kos ke UGM aku dengar lagu Karolina, Layu, Lihat, Mata Berdebut, dan No Fruit for Today. Sore di bawah hujan,mungkin itu judul yang cocok untuk peristiwa itu. No Fruit for today semakin greget di bawah hujan..:D..

Sampai di UGM, 18.15. dan sesuai jadwal di tiket acara dimulai pukul 18.30. Ku pikir saat itu tempat udah rame, orang sudah berdesak-desakan dan mengantri untuk masuk ke center pertunjukan. Wah, realita memang tidak selalu sama dengan perkiraan. ternyata tempatnya masih sepi. hanya ada sekitar belasan orang dan panitianya juga belum buka stand untuk penukaran kwitansi. Tak berapa lama Andika pun datang. Ngobrol ngalor ngidul di temanin lagunya FRAU yang di pasang panitia.

Ternyata acaranya ngaret cukup sangat lama. Sekitar 1,5 jam. Jam 8 para penonton baru dipersilahkan masuk ke tempat pertunjukan..
Tak apalah..
Sebelum masuk, si Andika minta di potoin di tempat pameran distro

Di dalam pun masih aja nunggu. Terlalu lama nyiapin sound panitianya...
okelah tak apa..
semua penonton pun ngeleseh ( nonton konser kok yo ngeleseh.. tapi itulah jogja)...
Aku dan Dika duduk di barisan ketiga.. biar bisa liat artisnya secara jelas..hahahahaha

Akhirnya band pertama muncul..
Yakuyaya.. band indie jogja yang belum ngeluarin album, digawangi Duta dan Adam So7..
Adam dan Duta, memoria puberitas..hahaha..betapa ngefansnya aku sama sheila on 7 waktu SMP sampai SMA, tapi sekarang gak lagi..:D
Aku pun melihat secara jelas idola masa laluku itu, ternyata Adam lebih kurus dari pada yang ku pikirkan, dan tampaknya kulitnya bersih dan terawat...hahaha
Yakuyaya pun membawakan 5 lagu. 4 lagu mereka sendiri dan satunya lagu Jhon Mayer, Bigger than my Body. Acarapun di buka cukup hangat oleh yakuyaya.. (jangan cerita aliran musik ato apalah, gak ngerti aku)..
Di sini semua penonton yang berkisar 700 an orang, semuanya ngeleseh.. (khas)

Setelah itu, the kucrut pun masuk.. beuh ternyata vokalisnya yang main di si Entong, Ronaldo wati, pokoknya sinetron anak2 yang di TPI itu lah...
Kacamatanya yang kayak capung itu bisa kelap kelip..hahaha..Vokalisnya asik banget..Lucu sih..
The kucrut ini bilang aliran musiknya gets rock (bener gak ini nulisnya). aku sih dengernya malah kayak model SKJ 94...Suasana cukup meriah banyak ketawanya. karena ulah vokalisnya yang aneh tapi lucu itu..hahah.. tapi semua penonton masih tetap lesehan..

Band ke tiga, Zeke Kashali.. Serius, aku aneh denger band ini.. gak bisa kasih penilaian bagus ato jelek (emang sapa eke y) tapi agak mistis..hhahah (pengaruh malam jumat apa y? :D ). mereka pake konsep teatrikal gitu, awalnya personelnya pada pake topeng, kemudian muncul pemain karate, Ultramen, Perempuan penyihir, penyihir laki-laki, badut kelinci, dan badut obama..(sorry om, I call badut, I can't find better word)..

Tapi waktu zeke ini manggung, rasanya pengen bilang,,"Cepetan dong," seraya ngelihat jam di tangan udah jam sepuluh kurang. (Alamat gak bisa balik ke kos nee)...
Para penonton pun masih konsisten lesehan...

Sebenarnya dengan lesehan, aku lebih dimudahkan untuk memoto para musisi itu... Ini pengalaman petamaku foto stage, dengan ligthing stage yang warna warni kadang gelap kadang terang.. aku gak punya tehnik sama sekali..Huuffff...

Masuk band keempat, Bangkutaman, dari Jakarta juga. Aku sih baru dengar, aku kira mereka band baru, eh ternyata mereka da 10 tahun nge band, dan berasal dari jogja sebenarnya. Tapi pernah 3 tahun vakum, sampai akhirnya mereka launch album baru tahun 2009 (kalo gak salah, malas check and balance ke google) :D..


Bangkutaman ngajak para penonton berdiri...
Suasana pun mulai panas, ternyata banyak dari penonton yang tahu lagu bangkutaman. Wah, ternyata lagunya enak2. katanya alirannya brit-pop... penonton pun mulai ikut bernyanyi bersama sang artis. Aku cuma sibuk moto2 karena aku gak tau lagunya.. tapi tetap menikmati kok...
Aku mulai kesusahan memoto. Walaupun aku pake tele. tapi yang di depan ku tinggi2 semua. kayaknya ada 180cm.. Aku bilang ke dika,"aduh dik, gimana ni mau moto yang di depanku tinggi banget ne," eh ternyata mas-nya denger. Dan mas nya pun agak geser ke samping.. Asikkk. dapat ruang yang lebih bisa liat stage. tapi tetap masih gak segampang waktu duduk. hasil potonya jadi agak kayak framing. padahal itu kena rambunya mbak-mbak yang di depanku.. huuuuu...
Satu hal ku sadari waktu Bangkutaman tampil.. Gitarisnya ternyata Cakep...:DD

Akhirnya yang ditunggu oleh kebanyakan penonton pun dipanggil...
"EFEK RUMAH KACA,"seru mc...
Huuuuu..
Semua penonton berdiri dan semuanya ingin di depan..
untung aku di barisan ketiga..lumanyanlah...:D

Cholil, Akbar, dan Adrian pun muncul..(ada pulak itu yang nerikin cholil pake choli) beuhh...
Cholil tidak terlalu banyak ngomong cuma bilang selamat malam Jogja...
di mulailah
TUBUHMU MEMBIRU TRAGIS...
Intro yang menghanyutkan pun terdengar
langsung hampir semua penonton nyanyi..
Kalo dari headset aku dengar lagu ini aku benar-benar bisa merasakan sensasi loncat untuk bunuh diri itu..
melayang......
Sensasi itu tidak hilang ketika mendengar lagu ini secara live.. perasaan melayang itu semakin kuat.. kita seperti di tarik ke sebuah dunia bernama entah apa oleh ERK....
Cholil menyanyikan lagu ini dan semua lagu dengan penuh penghayatan. dia benar2 memahami apa yang ada di lagu itu, bukan hanya menyanyi saja.

Lagu ke dua, KAU DAN AKU MENUJU RUANG HAMPA, lagu favoritku..akh...
semuanya masih menyanyi..
gak ada komentar yang bisa terucap lagi kecuali luar biasa. rasanya semua kehujanan, menunggu dan hambatan lain yang menyebalkan terbayar lunas oleh performance mereka..
"Kau belah dadaku mengganti isinya. Rusak pikiranku memori terhapus, kau kunci mulutku menjerit kepahitan,"..spektakuler..

Berikutnya lagu melanchoila.. haaaa.......pertamax.. ERK itu cuma bertiga tapi kenapa musik mereka terasa sangat kuat y.. kalau sore, mereka banyak dan instrumen yang dimainkan juga cukup banyk sehingga variatif dan hidup. tapi ERK, bertiga dengan nuansa kelam mampu menghidupkan melancholia...Kemudian, Balerina, lagunya ceria banget..cheerfull gitu..hahah.. Aku lupa mana yang duluan melancholia atau BAlerina..wesslah...
Sebelah Mata (aku gak tahu lagu ini) tapi penonton yang lain tahu.. penontonnya juga luar bisa.. semua autis. serasa ini dunia mereka sendiri, termasuk aku.. hehehehe..

Saat ERK tampil aku lebih banyak menikmati musik di bandingkan memoto. I'm sorry Alpha, ternyata ERk memberikan Impress yang lebih..
hahahaha...

Jangan bakar buku.Kenakalan Remaja di Era Informatika, di Udara, dan Mosi tidak Percaya tak ketinggalan. Namun di Mosi tidak percaya, Cholil agak bermasalah dengan tempo dan nada.. tapi itu bukan masalah.. . semuanya tetap luar biasa..

Cholil pun mengganti gitar listriknya jadi gitar akustik. penoton sudah yakin pasti Desember.. Namun agak meleset.. ternyata yang dinyanyikan Lagu Kesepian."Dimana terang yang kau janjikan aku kesepian,".. ahh, jika kalian mendengarkan dan menikmatinya baik2 pasti kalian akan merasakan kesepian pula....ckckckckc.. kagumm ini tidak bisa dihentikan..
Setelah itu baru desember...beh..laguku kali ini..udah gak bisa ditawar-tawar lagi..

Sekali lagi, cholil Mahmud yang semakin tembem itu bernyanyi dengan penuh penghayatan. Aku juga sangat suka dengan back vokalnya Adrian, luar biasa. dia bisa ngeluarin suara uuu,aaaa,ooo ayng persis seperti di rekaman..Akbar juga selain di desember dan lagu kesepian menabuh dengan penuh semangat dan terlihat sangat berenergi..Aku baru tahu kalau Akbar itu ternyata kakaknya Indra Bekti.. Kok Iso?
kayaknya kok beda banget ya....

Di tengah - tengah konser Andika pulang karena harus menyelesaikan masalah keluarga..hahahah ..tua banget sih..
Akhirnya tinggallah aku sendiri.. Gak apalah yang penting enjoy, beibe..

Panitia mengingatkan ERK untuk hanya membawakan dua lagu lagi saja.. Huuaaa. drum dan gitar pun mulai dimainkan, ada yang hilang............ menjadi Indonesia...beuh. Cuci muka biar terlihat segar..(Apalagi yang mesti ku tulis, udah writeless aku)..hahaha..
LAgu penutup pun akan segera ditembakkan. Eh ternyata semua musisi mulai dari the kucrut, zeke khaseli dan Bangkutaman semuanya naik ke panggung dan dengan heboh bersama penonton menyenyikan lagu yang masuk dalam 150 lagu indonesia terbaik sepanjang masa versi rolling stone....CINTA MELULU. lagu yang memperkenalkan ERK ke khalayak...
Uuuuu...uuuu..u....uuuuu...uuu..uuuuuuuuuuuu.....
berakhirlah konser itu..

Sebenarnya aku ingin sekali menghampiri cholil dan bilang,"bang, salam buat ade firza paloh, kapan SORE ke Jogja?"..pengen banget

Konser pun berakhir..Hhaaa..mulai cemas harus kemana dan tidur dimana.. Akhirnya kuputuskan untuk nginap di warnet deket kos aja..hahahaha..

meluncur dari UGM, ke restoran cepat saji 24 jam di sudirman. Belum makan dari siang bo, sampe jam set 1 pagi...makan lah sendiri di antara orang2 yang gak ku kenal sama sekali jam set 1 pagi..yayayaya..gak peduli lah yang penting selamat aku jasmani rohani..hahaha

makan selesai meluncur ke daerah lingkar selatan. Sepanjang jalan sepi.. kadang was-was juga, tapi dilain sisi seneng juga nikmatin malamnya jogja..aku baru tau ada bapak2 tidur pas di bawah tiang lampu merah nol kilometer malioboro. Ah, tragis....

Mulai PKU sampai lingkar selatan seppiiiiiiiiii kali.. kayak jalan cuma punyaku sendiri..hahaha....
akhirnya nyampe di warnet.
Mas-mas penjaga warnet bingung...ada perempuan berjilbab pula ke warnet jam satu pagi.. aku senyum2 ajalah. di medan aku juga pernah kayak gini, malah lebih tragis..:')

Mulailah di warnet.. Gak ada kerjaan ku Upload lah poto2 di stage itu. Pasti orang2 mikir aku maruk.. tapi memang gak ada kerjaan trus aku ngapai lagi coba..jam set 3 aku mulai ngantuk untung kursi di warnet ini kayak model sofa mana biliknya ada pintu.. jadi molorlah aku sampe jam set 5 kadang2 kebangun karena dengar suara orang jalan n musik yang gak berhenti-berhenti... Bagi kaian yang kosnya tutup jam 9 kayak aku, kalo kemalaman nyampe jam 1 ato dua. tidur lah di warnet.. tak rekomendasiin di Ilalang..hahahaha...

Akhirnya terbangun dan menulis note inilah..karena gak ada kerjaan juga..
You know, aku kayak gini cuma mau liat ERK yang jenius dan lua bisa itu..
Viva ERK!!

2 comments: