Wednesday, May 26, 2010

Solo Oh Solo Part I

Selain fotografi (setidaknya dokumentasi) ada satu hobi lagi yang saat ini digandrungi oleh banyak orang Indonesia, Travelling. Ya, jalan-jalan. Menjadi salah satu agenda yang selalu di tulis di kalender setiap weekend atau at least setiap tanggal merah. Bisa jadi meningkatnya animo masyarakat untuk jalan-jalan di stimulus oleh acara-acara di tv yang mengadakan reportase tentang tempat wisata yang menjadi tujuan liburan. Mulai dari harga selangit sampai harga yang membumi.. Lengkap !!

Tersebutlah aku, yang selalu mendambakan banyak perjalanan untuk di tulis kemudian. Di papan tulis yang ada di kamarku aku slalu menuliskan tempat-tempat yang ingin ku tuju. Aku menargetkan bahwa sebelum lulus kuliah sudah menjadi wajib bagiku untuk keliling Jawa. Untuk itu aku pun mulai menabung setiap hari dengan nominal minimal Rp.2000 untuk travelling.

well, hari kamis yang lalu (20/5) di BHP aku mengambil kalender kecil di bangku sekretaris untuk ku bulatin tanggal berapa aku harus ke Malang. Berkongkalikong dengan Dian Kp, belum di temukan jadwal yang tepat karena untuk 3 minggu ke depan pada sibuk (sibuk gak jelas). Tiba-tiba Listiya Eka (si Boss) nyeletuk, "Gimana kalau ke Solo aja,". Mbak tiya yang notabene adalah orang Solo menawarkan untuk berlibur ke kota Spirit of Java itu. Sontak aku dan mbak Dian menyetujui, tidak perlu pikir panjang lagi.

Sebenarnya aku lagi bokek waktu itu (akibat sering membeli barang yang gak jelas). So, aku berpikir keras gimana caranya bisa liburan dengan cukup nyaman ke solo..
Akhirnya sodara-sodara..
Aku bongkar celengan ku yang isinya recehan....
dengan di bantu oleh tetangga kamarku, Imram Rimba, aku pun mulai menselotip uang-uang receh 500, 200, dan 100 rupiah itu.

Here, they were...
(koin ini sudah tersebar di solo, dan masih sisa Rp 10.000 lagi)

Hari Pertama.

Sabtu (22/5) pun tiba. Pulang dari BHP trus pinjam lensa fix nya fuadi afif jamil. Beres-beres. langsung ngumpul di depan kampus. Nyampe di depan kampus lama nunggu mb tiya & mb dian. Awalnya, kita mau naik jalur 9 ke stasiun tugu. Ternyata busnya lama dan kita pun memutuskan untuk naik taksi.
Cuma satu kata, Mahal!! :D

Nyampe Tugu, beli tiket, gak berapa lama kereta Prambanan Express (Pramex) pun tiba di Tugu.
BUsyeeeettt..!
Seketika itu ada ratusan orang menghambur untuk berebut kursi di kereta..
Beeuuhh!!
Nerobos sana sini. akhirnya masuk juga walau di dekat pintu dan kita bertiga mesti berdiri.
Gak masalah mesti berdiri..
Serasa traveller beneran. :D
Oke..
Si Motorola W396 pun beraksi memutarkan senandung SORE..
Aku cukup sensitif, seperti menasbihkan lagu Sore ini lebih Oke di dengerin di atas kereta..
Kita bertiga mulai menggila. Di tengah keramaian massa, kita bertiga sibuk poto2.. (really ndeso).
Tapi yang paling menggila adalah mbak Dian. Maklum baru pertama kali naik kereta.. hahahah..^^V..
Berisik bgt kita..

Satu jam perjalanan, finally arrived in Solo..
Well, ini pertama kalinya aku serius ke Solo.
Sebelumnya aku sudah dua kali ke Solo. Tapi hanya berhenti sebentar dan numpang lewat aja..
Kesan pertama, Ah, seperti ada atmosfer Medan dan Siantar di sini..(subjektif)..
Keluar dari Stasiun langsung naik angkot,..(Beuh, udah bertahun-tahun aku gak pernah naik angkot)..
Angin sejuk Solo sore itu laksana sebuah tarian dan sambutan selamat datang yang hangat.
baru nyampe langsung foto..(yuhuuu, semakin katrok)

Selanjutnya, kita menuju hotel de Solo, tempat mbak lalita Ganda Putri nginap. Mb Tiya punya janji sama mbak Lol. Walaupun sebagai reporter Metro TV biro yogyakarta, dia juga harus meliput di Solo. Ini pertama kalinya aku lihat mbak Lalita secara langsung, biasanya cuma liat dia mereport berita yogyakarta di Metro. Ternyata orangnya sangat manis, cerewet, perfectsionist, gokil, Lasak, dan lain-lain.
Kita pun berembreh-embreh ria di kamar hotel mb.Lol (tepatnya sih mb. Tiya dan mb. Lol yang berembreh ria).. aku ama mb dian cuma tiduran aja. dan iseng2 foto2 gak jelas di kamar itu.. aku suka sama hiasan di dinding kamar..Unik.:D

Setelah itu aku dan mbak dian pun tidak lupa meningkatkan volume kekatrokan kami :)

Bosen di kamar, akhirnya kita berempat (aku, mb dian, mbak tiya, plus mb Lol) sepakat jalan ke pasar malam Ngarsopuro. Jalan di sini benar2 jalan kaki.. Buset dahhhhh.. Jauh amir bok ada 2-3-4 km, pengkor deh kaki eike..:(..
Sampai di Ngarsopuro, ada banyak orang jualan, kayak di Malioboro gitu lah. Sebenarnya aku pengen banget beli tempat pensil yang tulisannya I love Solo, tapi yang lainpada jalan cepat2. "Y sudahlah, mungkin besok aja kali y,"pikirku. Di Ngarsopuro lumayan rame ada wayangan. Pake bahasa jawa kromo.. dan yang pasti terjadi padaku adalah "ROAMING"..hahaha..
Ngelihat ada patung, mb Lol pun langsung ngajak foto2.

Gak jauh dari patung aku pun liat lampu sarang burung yang sangat menawan.:)

Kita terus jalan..
Muter muter tanpa tujuan yang jelas..bener2 udah pengkor deh kaki..:D
tapi solo cukup lenggang loh. padahal malam minggu dan di pusat kota.
Uniknya di solo, ada kereta yang lewat di tengah kota..
busett..
waktu kereta lewat, mb Lol sibuk ngajak foto.."Ayok cepetan foto, selak kereta lewat. tak ambilin cepetan baris tuh di pinggir," laksana fotografer profesional deh si mbak ini. Aku, mb dian, dan mbak tiya pun manut wae,,

Lanjut lagi jalan..Kali ini mau balik ke de Solo.
Di pinggir jalan banyak angkringan, ada dangdut koplo. Lagu bukahatimu pun di koplo..
Masih jauh aja jalan..
Finally nyampe juga di simpang mau ke de Solo..
Makan dulu di angkringan boi. Menu wajib, tetep SUSU JAHE...Like,Like..:)
Gak ada yang special kita pun balik ke de Solo..
Melanjutkan berembreh ria..
Nelpon Taksi dan balik ke rumah Eyang mbak Tiya.

Kesan pertama di rumah Eyang, Ini rumah atau kos-kosan. Soalnya kamarnya banyak dan di tengah rumah terbuka. Salim ibu, bapak, dan adek mbak Tiya. Makan. Mandi. Huaa, Airnya seger buangeett. Kata ibu mbak Tiya, airnya dari Cokto, kayak mata air gitu sekitar 25km dari Solo.
Kecapean, golek golek sambil ngobrol sekalian sms an sama si goppo, dikot & aris, tak berapa lama tepar juga raga ini..

Hari Kedua.
Bangun Siang (jam set 6), praying, molor lagi. (ibu, maap ya kami ini gadis pemalas..:P )..
Jam set 8 dibangunin suruh makan (sekali lagi maap bu, kami (setidaknya aku) adalah perempuan malas)..:P
Duduk di teras tengah rumah Eyang mbak tiya, aku sadar bahwa rumah itu sangat sejuk dan nyaman..Ah, angin pagi.. Nyaman sekali.. (jadi inspirasi untuk rumah masa depan)..Ngobrol ngalor ngidur sama ibu, bapak, dan adik mbak tiya. Ah, KOMPAK sekali keluarga ini. Sederhana namun terbuka dan penuh kasih sayang..

Jam 10 aku, mb dian, mbak tiya, dan adek mbak tiya, Reza brangkat jalan..
Aku naik motor brg mb dian, dan reza bareng mb Tiya.
Beehh, gak nyampe 10 menit aku udah terpisah dari reza dan mbak tiya karena ketutupan bis di rel kereta.. aku lurus terus sampai depan Solo Grand Mall. Reza tak kunjung kelihatan.
Busyeet..
Baru bentar udah tersesat.:D
Akhirnya di telpon, ternyata mereka belok di POM sebelum stasiun Purwosari sementara kami tancap gas terus ke depan..

Setelah ketemu, kita lanjut lagi jalan. tujuan pertama kita adalah KERATON SOLO..
Tiket Rp.8000,-
Pertama kita keliling museum keraton..
Banyak banget benda-bendanya. Mulai dari alat untuk naruh sesajen, Alu,Replika macam-macam keraton, permainan tradisional, Senjata perang, Wayang, Kereta, baju kusir, tombak, Patung, dan masih banyak lagi..

ini replika joglo..

Ini tiga anak terdampar :P

Kalo ini lumbong atau congkak dari kayu.. berat euy,..

Ini dua anak katrok :D

Busur dan Anak panah.. Lebih panjang dari yang kubayangkan..

Meriam yang bernama Kyai Sampe.. Aneh, merian kok namanya Kyai.

Kereta raja jaman dulu, sekarang mah rajanya pake mobil kalee..

Ukiran pada Tandu yang biasa untuk ngangkut putri raja..:P

All right, inilah dia.
Tak ada rotan akar pun jadi..
tak ada pacar patung pun jadi..:D

hahaha..
setelah keliling aku kehausan dan beli minum pake uang koin hasi bongkar celengan :D