Thursday, May 20, 2010

Sehari, Dua Kali tentang Kebutaan.. Membuatku berkata ooooo dan bertanya tentang dua baris di sebelah mata



Sebuah proposal seminar teralamatkan ke BHP siang ini (20/5) meminta agar seminar tersebut dipublikasikan di media massa melalui surat pembaca di koran2 lokal di Jogja. Seminar yang diselenggakan oleh FKIK ini membahas tentang retinopati diabetik yakni penyebab utama kebutaan pada penderita diabetes. Proposal tersebut tidak memberikan latar belakang yang lengkap tentang retinopati diabetik tersebut, sehingga untuk membuat surat pembaca, Mb.Novy pun perlu googling untuk mendapatkan sebaris-dua baris informasi terkait di atas.

Sambil bantuin mbak novy baca bahan(http://www.forum-ngo.com/penyebab-kebutaan-utama-penderita-diabetes-adalah-retinopati-diabetik/), aku pun dapat informasi bahwa pada retinopati diabetik secara perlahan terjadi kerusakan pembuluh darah retina atau lapisan saraf mata sehingga mengalami kebocoran. Akibatnya, terjadi penumpukan cairan (eksudat) yang mengandung lemak serta pendarahan pada retina. Kondisi tersebut lambat laun dapat menyebabkan penglihatan buram, bahkan kebutaan. Bila kerusakan retina sangat berat, seorang penderita diabetes dapat menjadi buta permanen sekalipun dilakukan usaha pengobatan. Dan masih dari bahan yang sama, di prediksi bahwa retinopati diabetik ini akan menjadi Epidemi di Asia, di sebabkan konsumsi orang asia yang tinggi karbohidrat dan lemak serta jarang berolah raga (spontan aku bilang, wah, aku kali ini..hahahah)

Yaa, itu sekilas tentang kenalku dengan penyebab kebutaan pada orang diabetes itu.

Dua jam kemudian aku buka FB dan lihat sebuah link yang di share oleh official group Bangkutaman (http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2010/05/20/110133/Menjadi-Magnet-di-Tiap-Kota) dari source ini juga aku tahu bahwa sejak 2005 Adrian Yunan Faisal, Basist/Backing Vokal Efek Rumah Kaca di vonis dokter menderita penyakit retinitis pigmentosa. Menurut dokter yang memeriksa Adrian di salah satu RS di Jakarta, retinitis pigmentosa adalah penyakit degenerasi pigmen retina yang diturunkan dan tidak dapat diobati. Saat ini Adrian mengalami kebutaan di mata sebelah kanan nya, yang sebelah kiri masih bisa melihat namun kurang jelas, dan untuk bisa melihat dengan lebih baik Adrian harus menggunakan kaca mata pembesar.

Kaget baru tahu..(padahal ini sudah tahun ke 5)
Padahal waktu tampil di purna budaya tepat satu minggu yang lalu, tidak kelihatan sama sekali penyakit yang di deritanya. Adrian memang tidak terlalu banyak bergerak kesana kesini dan dia terlihat sangat cool dengan sedikit ekspresi. Adrian juga terlihat Fit dan Normal. Selama ini aku memang melihat adrian sebagai sosok yang cenderung pendiam, bahkan dari hasil wawancara ERK dengan beberapa wartawan yang pernah aku baca, terkesan memang Adrian cukup pendiam.

Tapi setelah tahu fakta bahwa Ardian menderita Retinitis Pigmentosa aku jadi ber oooooo, ooooo, pada beberapa hal:

1.oooooo, Pantes. Aku jadi tahu makna lagu' sebelah mata' ERK, kemungkinan besar lagu yang sangat menyentuh ini memang bercerita tentang si pria keriting berkacama ini.

"Tapi sebelah mataku yang lain menyadari, gelap adalah teman setia dari waktu-waktu yang hilang,".

Kalau di lihat dari liriknya ini memang sudah sangat jelas berkisah tentang mata kanan adrian yang sudah mengalami kebutaan. Dulunya aku kira gelap yang ada di lirik ini adalah masa-masa kelam dan kesedihan, ya seperti sebuah pengandaian, Gelap adalah masa kelam. Tapi ternyata aku salah karena gelap dalam reff sebelah mata ini adalah NYATA.

"Sebelah mataku yang mampu melihat/bercak adalah sebuah warna-warna mempesona"
aku berspekulasi ini adalah mata kiri Adrian yang hanya bisa melihat secara tidak jelas..

2. oooooo, Pantes. Waktu sing along lagu sebelah mata, atmosper sedih dan prihatin itu ada terasa kali. Sedih gimana gitu boy... Mungkin para penggemar ERK menyanyikan lagu ini untuk Adrian kali y...:) (sok tau aku)

3.oooooo, Pantes. Beberapa hari yang lalu yang menulis di wall cholil seperti ini, "apakah itu pertama kalinya adrian tampil seperti itu (maap)," aku sih gak tau apa maksudnya, tapi mungkin tidak jauh dari hal ini kali y..


Tapi salut kali lihat Adrian. Menurut Cholil, Adrian bersikeras untuk menyelesaikan tur nya ini," sepertinya Musik adalah Energi dan sebelah mata bagi adrian..


Tapi ada beberapa hal yang cukup membuatku bertanya y dalam lirik lagu sebelah mata,
"Seluruh ruang tubuhku terbentuk dari sel akut"

Seluruh ruang tubuhku terbentuk dari sel akut bisa saja dimaksudkan pada pigmen turunan akut yang ada pada sel batang retina Adrian, yang berfungsi mengontrol penglihatan pada malam hari. Pigmen turunan tersebut menyebabkan Retinitis Pigmentosa yang merupakan suatu kemunduran yang progresif pada retina yang mempengaruhi penglihatan pada malam hari, penglihatan tepi dan pada akhirnya bisa menyebabkan kebutaan.

Namun kenapa pada baris selanjutnya." Dan diabetes adalah sebuah proses yang alami,"
Adakah hubungan langsung antara diabetes dengan Retinitis Pigmentosa?
Bukankah Diabetes itu cenderung pada retinopati diabetik (kebutaan akibat diabetes)..

Kalo spekulasi ku benar, bisa jadi dua baris di bait kedua lagu sebelah mata ini menjadi tidak konteks..
hahahahaha...ini hanya spekulasi saya saja...di luar betapa menyentuhnya lagu Sebelah Mata itu..


Viva ERK..!!
Espiritu Para Adrian !!!

No comments:

Post a Comment